Jumat, 13 Juni 2008

Jalinlah persahabatan yang baik dan berpengaruh baik, jangan yang merusak.

Seseorang dapat dipengaruhi oleh temannya. Kadang ia mengingatkan kepada allah, kadang pula ia menyesatkan dari jalannya. Kadang ia bagai sang pembawa minyak kasturi, kadang pula ia bagai sag peniup ubupan (tukang besi).

Banyak sekali pemuda yang sebelumnya berada dalam jalan yang benar dan beristiqomah, manakala dating seorang teman yang mengajaknya berbuat jaht, ia mengalami dekadensi baik dalam segi intelektual ataupun moral.

Dalam hal hubungan pacaran pun sebenarnya itu terjadi karena pengaruh dari persahabatan pula. Teman yang jelek akhlaknya, ia selalu menghiasi pacaran itu dan membicarakan tentang keindahan dan kenikmatannya serta menjadi perantara anda dengan para wanita.

Bahaya besar yang akan timbul, yaitu manakala ia mulai menunjukkan kepada anda kebiasaan yang buruk, majalah, foto, dan film yang menjerumuskan ke jurang kehinaan dan kejelekan atau mengajak anda untuk melakukannya.

Demikian pula dengan para pemudi yang sebelumnya terlihat bersih dan suci, manakala dikuasai oleh temanya, serta merta ia mempunyai gambaran, bahwa perbuatan istiqomah dalam kebersihan dan kesucian itu adalah prilaku kuno dan ketinggalan zaman. Lalu ia memperindah hal itu dengan jalan kemaksiatan, seperti tabarruj, ikhthilat, pacaran dsb.

Oleh karena itu, disisni berusaha untuk mengingatkan anda dari persahabatan dan pergaulan semacam itu. Terkecuali anda mampu untukmempengaruhi mereka dan bukannya anda yang di pengaruhi mereka. Jika memang anda tidak mampu, maka lebih bak dan selamat untuk menjauhi mereka.

Hendaklah anda berteman dengan orang-orang yang selalu mengingatkan anda kepada allah dan membimbing anda ke jalan yang baik dan benar, menasehati dengan tulus, menemani waktu kosong dalam hidup anda dengan hal yang bermanfaat, menolong jiwa ketika lemah dan menyelamatkannya ketika jauh.

Dalam hal persahabatan ini pun, ingin mengingatkan anda agar mempunyai teman yang lebih deasa dari segi umur dan pengalaman yang dapat menjadi penasehat yang dapat dipercaya dan menjaga rahasia-rahasia yang diberikan kepadanya serta dapat membantu dlam pemecahan masalah dan menghadapi berbagai macam krisis.

Tidak ada komentar: